Selasa, 08 Maret 2011

MOCHI





Mochi (Jepang: ; Hanzi: ()) adalah kue Jepang yang terbuat dari beras ketan, ditumbuk sehingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat. Di Jepang, kue ini sering dibuat dan dimakan pada saat perayaan tradisional mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang. Namun demikian, jenis kue ini dijual dan dapat diperoleh di toko-toko kue di sepanjang tahun. Mochi juga merupakan makanan ringan terkemuka di Hawaii, South Korea, Taiwan, Cambodia, dan Thailand.


BAHAN PERSIAPAN MEMBUAT MOCHI

Secara tradisional, mochi dibuat dari beras utuh, dalam suatu proses padat karya. Membuat mochi ini dimulai dari :
~ Beras ketan direndam, dibiarkan satu malam dan dimasak.
~ Setelah menjadi ketan, kemudian ditumbuk dengan palu kayu (kine) dalam wadah tumbukan besar tradisional (usu). Diperlukan dua orang untuk dalam proses penumbukan ini. Satu orang bertugas menumbuk adonan, yang lainnya melumat dan membasahi adonan tersebut.
~ Setelah ditumbuk sampai menjadi adonan yang elastis, adonan tersebut kemudian dibentuk menjadi bulat atau kubus.


BERBAGAI VARIASI MOCHI YANG POPULER

Manisan
Banyak jenis wagashi dan mochigashi (permen tradisional Jepang) yang dibuat dengan bahan dasar mochi. Contohnya, daifuku yaitu mochi bulat yang lembut diisi dengan pasta kacang merah manis (an) atau pasta kacang putih (shiro an). Ichigo daifuku adalah versi mochi dengan strawberry utuh di dalamnya.
Kusa mochi merupakan variasi mochi berwarna hijau yang diberi bumbu yomogi (tansy). Daifuku yang dibuat dengan Kusa Mochi biasanya disebut Yomogi Daifuku.

Es Krim
Bola kecil ice cream dibungkus di dalam mochi untuk menghasilkan sebuah mochi ice cream. Di Jepang, es krim mochi ini dibuat oleh Konglomerat Lotte yang bernama Yukimi Daifuku. Di Amerika, deretan toko makanan Trader Joe's, H Mart, and Mollie Stone's menjual es krim mochi ini dengan berbagai rasa, yaitu coklat, mangga, kelapa, teh hijau, kopi, kacang merah, vanila dan stroberi. Mikayawa, sebuah perusahaan Jepang yang berdiri di Los Angeles, memproduksi variasi es krim mochi yang dijual oleh Trader Joe's dan Mollie Stone's. Pusat pertokoan baru di Anchorage Alaska menyediakan berbagai produk es krim mochi di seluruh Alaska. Pinkberry, Yogen Fruz, Yogurtland, Smackers dan Red Mango juga menawarkan mochi sebagai standar topping pada makanan penutup mereka, tersedia atas permintaan dari pelanggan. Sederetan Toko Yogurt Beku dari internasional pun menawarkan mochi sebagai topping makanan, termasuk J.Co Donuts Indonesia.

Sup
~ Oshiruko atau Ozenzai adalah sweet azuki bean soup (sup kacang azuki manis) dengan potongan-potongan mochi. Di musim dingin, orang Jepang sering menyantap hidangan ini untuk menghangatkan tubuh mereka.
~ Chikara Udon (yang berarti "Tenaga Udon"), adalah masakan yang terbuat dari mie udon dalam sup yang diberi topping mochi panggang.
~ Zōni soup. Lihat keterangan sup di bawah ini.

Hidangan Spesial Tahun Baru
~ Kagami mochi adalah dekorasi untuk tahun baru, yang secara tradisional membelah mochi dan memakannya dalam ritual yang bernama Kagami Biraki (cermin pembukaan).
~ Zōni soup adalah soup yang berisi kue beras yang dinikmati pada saat tahun baru. Sup ini selain berisi mochi, juga terdapat campuran sayuran seperti talas, wortel, honeywort dan kamaboko berwarna merah dan putih.
~ Kinako mochi merupakan masakan yang terbuat dari mochi yang secara tradisional dilakukan pada tahun baru sebagai penanda keberuntungan. Persiapan yang dilakukan adalah dengan memanggang mochi di atas api atau kompor, kemudian mencelupkannya ke dalam air dan sampai akhirnya diberi lapisan kinako (soy flour) dan gula.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar